Sebanyak Empat Anak Berhasil Diselamatkan Dari Gua Di Thailand

Sebanyak Empat Anak Berhasil Diselamatkan Dari Gua Di Thailand
channelutama.Otoritas setempat mengonfirmasikan setidaknya empat anggota tim sepak bola anak-anak yang terperangkap di sebuah gua di Utara Thailand sudah berhasil diselamatkan. Empat anak laki-laki tersebut kini sudah tiba di rumah sakit, menurut Kepala Operasi Penyelamatan, Narongsak Osottanakorn.

Dia mengatakan pada konferensi pers bahwa 90 orang penyelam, termasuk 50 pekerja penyelamat asing, turut ambil bagian dalam operasi penyelamatan ini, di mana bocah laki-laki pertama yang meninggalkan gua pada pukul 17:40 waktu setempat (8:40 pm AEST)

Kantor berita Reuters mengutip seorang anggota senior dari tim penyelamat, sudah  melaporkan setidaknya enam anak laki-laki sudah meninggalkan gua.

Para penyelam sebelumnya sejak minggu (8/7/2018) pukul 10:00 waktu setempat sudah  meluncurkan misi berani dan berbahaya untuk menyelamatkan anak-anak dan pelatih sepak bola mereka, yang sudah terperangkap di bawah tanah selama lebih dari dua minggu.


“Dua anak sudah berhasil dikeluarkan. Mereka saat ini berada di rumah sakit lapangan di dekat gua,” kata Tossathep Boonthong, kepala Departemen Kesehatan di Chiang Rai di Thailand utara, kepada kantor berita Reuters. “Kami memberi mereka pemeriksaan fisik.”

Dua buah ambulans meninggalkan gua dan dilarikan ke helipad terdekat, dan sebuah helikopter terlihat lepas landas.

Para pejabat mengatakan sebelumnya bahwa helikopter disiagakan untuk membawa siapa pun yang sudah diselamatkan dari gua ke rumah sakit. Tidak jelas siapa yang berada di dalam ambulans atau helikopter. Pejabat tidak segera berkomentar.


Tigabelas penyelam asing dan lima anggota unit Navy SEAL Angkatan Laut Thailand akan berusaha untuk membawa sisa anak-anak itu – dimana yang termuda berusia 11 dan memiliki kemampuan renang yang lemah – melalui lorong-lorong sempit yang terendam banjir dan sudah merenggut nyawa mantan penyelam Angkatan Laut Thailand pada hari Jumat (6/8/2018).

Peristiwa terperangkapnya 12 remaja ini di Gue Tham Luang Thailand sudah menarik perhatian besar media di Thailand dan luar negeri, dan membawa anak-anak itu keluar dengan aman bisa menjadi dorongan bagi junta yang berkuasa di Thailand menjelang pemilihan umum tahun depan.
“Hari ini adalah Hari-H,” kata Narongsak Osottanakorn, kepala misi penyelamatan, sebelumnya mengatakan pada wartawan.

Curah hujan monsun yang tinggi sudah merendam area di Gua Tham Luang di provinsi Chiang Rai utara pada hari Minggu dan badai diperkirakan akan terjadi dalam beberapa minggu mendatang, telah meningkatkan risiko dalam apa yang disebut “perang dengan air dan waktu” untuk menyelamatkan tim sepak bola remaja Thailand.

Anak-anak itu, yang berusia antara 11 dan 16 tahun, hilang bersama dengan pelatih mereka yang berusia 25 tahun setelah melakukan latihan sepak bola pada 23 Juni. Mereka berangkat bertualang untuk menjelajahi kompleks gua yang terletak di dekat perbatasan dengan Myanmar dan merayakan ulang tahun salah satu dari anak laki-laki itu.

Sementara menyelamatkan mereka semua bisa memakan waktu tiga hingga empat hari dan tergantung pada cuaca, seorang komandan tentara yang terlibat dalam misi itu mengatakan.

Comments

Popular posts from this blog

Tim Pendahulu Petugas Haji Bertolak Ke Arab Saudi

Pesona Eibenthal, Desa Aman Bebas Pencuri Di Rumania Barat

Polisi Temukan 9 Kasus Penipuan Seleksi Penerimaan Taruna Akpol